Breaking News
Loading...
Sabtu, 22 Desember 2012

Tips Memilih Jurusan Saat SNMPTN


Sedikit berbagi pengalaman buat temen-temen yang mau masuk Perguruan Tinggi tentang bagaimana memilih peluang jurusan saat SNMPTN. Bisanya saat SNMPTN ada dua jurusan yang musti kita pilih. Dan kebanyakan mereka memilih jurusan yang paling mereka minati atau sukai. Lalu jika berbicara minati dan sukai artinya itu berkemungkinan besar diminati dan disukai juga oleh sebagian besar peserta SNMPTN, dengan kata lain menjadi jurusan favorit dan bersaing dengan banyak orang.


Jika kedua pilihan jurusan kita semuanya favorit artinya kita bersaing dengan semakin banyak orang dan berbicara peluang maka peluang kita semakin kecil. Di universitas istilah favorit biasanya di istilahkan dengan great (tingkat). Setiap universitas mempunyai jurusan-jurusan unggulan dan sudah barang tentu menjadi great yang tinggi, dan sebaliknya yang tidak menjadi unggulan great-nya rendah.

Jadi sebaiknya kita musti kritis dalam memilih pilihan jurusan. Pahami terlebih dahulu great setiap universitas, jangan memilih pada kedua pilihan itu yang mempunyai great yang sama. Misalnya saya ambil contoh Universitas Negeri Yogyakarta yang unggul di bidang pendidikan, great tinggi jurusan ada pada Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Musik. Jika pada pilihan jurusan di SNMPTN kalian memilih kedua jurusan itu untuk pilihan pertama dan keduanya maka peluang kalian akan sangat kecil untuk ditrima. Artinya pilihan kedua yang seharusnya menjadi plan B atau rencana cadangan tidak berlaku pada pilihan kalian. Karena jika nilai hasil SNMPTN kalian mendapat rendah maka secara otomatis kalian tidak akan masuk pada kedua jurusan itu.

Berbeda cerita ketika kalian memilih jurusan pertama pada great tinggi dan pilihan kedua pada great rendah, artinya ketika hasil nilai SNMPTN kalian rendah kalian masih berpotensi ditrima pada pilihan kedua. Saya pikir ini alasannya kenapa ada pilihan pertama dan kedua pada SNMPTN.

Menurut saya bukan kita kuliah dijurusan apa yang akan menentukan masa depan kita tetapi murni usaha kita. Banyak sekali Unit Kegiatan Mahasiswa yang terdapat di sebuah universitas yang dapat mengembangkan potensi, pengetahuan dan jaringan. Tidak menjadi masalah ketika yang berbakat musik masuk jurusan di luar musik karena orang itu masih bisa mengembangkan bakatnya di UKM, dan yang pasti mendapat keahliah lain di bidang selain musik. Banyak sekali teman yang justru mendapat pekerjaan di luar dari disiplin ilmunya.

Semoga tulisan ini membantu menentukan pilihan, untuk mengetahui great dari masing-masing universitas bisa searching saja dengan kata kunci “passing great SNMPTN 2012”. Tetapi jangan percaya sepenuhnya karena setelah membaca beberapa great banyak yang tidak sesuai.

source: http://masuknegeri.com/articles/4fb317cfab045236860296cc

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer